PELAYANAN JAMKESMAS DI RUMAH SAKIT UMUM PAKUWON SUMEDANG

PESERTA DAN PERSYARATAN UNTUK MENDAPATKAN PELAYANAN :

1. Peserta yang mendapatkan Kartu JAMKESMAS baru adalah: Kartu Jamkesmas Baru yang berwarna Biru, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP)
2. Peserta yang tidak memiliki kartu :
a. Gelandangan, pengemis, anak dan orang terlantar serta penghuni panti sosial : Surat Rekomendasi dari Dinas/Instansi Sosial Setempat
b. Penghuni Lapas dan Rutan : Surat Rekomendasi dari Kepala Lapas/ Kepala Rutan setempat.
c. Peserta Program Keluarga Harapan (PKH) : Kartu PKH, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP)
d. Bayi dan anak yang lahir dari kedua orang tua atau salah satu orang tuanya adalah peserta Jamkesmas : Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir/Surat Keterangan Lahir/ Pernyataan dari Tenaga Kesehatan, Kartu Jamkesmas orang tua dan kartu keluarga orang tua.
e. Korban bencana pasca tanggap darurat : Daftar/keputusan yang ditetapkan oleh Bupati/Walikota.
f. Sasaran yang dijamin oleh Jaminan Persalinan : Ibu hamil, ibu bersalin/ibu nifas dan bayi baru lahir (sampai umur 28 hari) yang tidak memiliki jaminan kesehatan : KTP dan Buku KIA
g. Penderita Thalassaemia Mayor : Kartu Penderita Thalassaemia yang diterbitkan oleh YTI dan bagi penderita baru cukup dengan menunjukkan surat keterangan dari Ketua YTI Cabang dan Direktur RS bahwa yang bersangkutan menderita Thalassaemia Mayor.
h. Penderita Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) : KTP, Kartu Keluarga

ALUR PELAYANAN
1. Peserta JAMKESMAS yang memerlukan pelayanan kesehatan di RSU PAKUWON, DIRUJUK oleh PUSKESMAS dan jaringannya secara berjenjang dengan membawa KARTU JAMKESMAS atau Identitas kepesertaan lain (KARTU PKH) atau surat rekomendasi dari dinas/instansi terkait peserta yang tidak memiliki kartu, KTP (Kartu Tanda Penduduk), KARTU KELUARGA dan SURAT RUJUKAN PUSKESMAS yang ditunjukkan sejak awal pelayanan. BAYI dan ANAK dari kedua orang tua atau salah satu orang tuanya peserta JAMKESMAS yang memerlukan pelayanan menggunakan identitas kepesertaan orang tuanya dan dilampirkan Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir/Surat Keterangan Lahir/Pernyataan dari tenaga kesehatan dan Kartu Keluarga Orang Tuanya. JENIS PELAYANAN meliputi Pelayanan Kesehatan RAWAT JALAN TINGKAT LANJUTAN (RJTL), RAWAT INAP TINGKAT LANJUTAN (RITL), PELAYANAN GAWAT DARURAT. Untuk Pelayanan RAWAT INAP bagi peserta JAMKESMAS diberikan di KELAS III (TIGA).
2. Untuk KASUS KRONIS yang memerlukan perawatan berkelanjutan dalam waktu lama seperti Diabetes Mellitus, Gagal Ginjal dan lain-lain,surat rujukan berlaku selama 1 (satu) bulan. Untuk kasus kronis lainnya seperti gangguan jiwa, kusta, kasus paru dengan komplikasi, kanker, surat rujukan dapat berlaku selama 3 (tiga) bulan. Pemberlakuan waktu surat rujukan (1 atau 3 bulan) didasarkan pada pola pemberian obat.
3. Pada Kasus RAWAT JALAN (NON GAWAT DARURAT) MUTLAK MEMBAWA SURAT RUJUKAN PUSKESMAS. Pada Kasus EMERGENCY TIDAK MEMERLUKAN SURAT RUJUKAN. Dalam Keadaan GAWAT DARURAT : Pelayanan harus segera diberikan tanpa diperlukan surat rujukan, apabila pada saat penanganan kegawatdaruratan tersebut peserta belum dilengkapi dengan identitas kepesertaan, maka diberikan waktu 2×24 jam hari kerja untuk melengkapi identitas. Rujukan pasien antar rumah sakit termasuk rujukan rumah sakit antar daerah dilengkapi surat rujukan asal pasien dengan membawa identitas kepesertaan.
4. Dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada peserta JAMKESMAS TIDAK DIKENAKAN URUN BIAYA (tambahan biaya) apapun oleh RUMAH SAKIT UMUM PAKUWON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: