Lakukan Hal-hal Ini Agar Ginjal Anda Awet Sehat

Ginjal bisa rusak karena berbagai faktor, salah satunya karena pola hidup yang tidak sehat dan adanya penyakit degeneratif seperti hipertensi atau diabetes. Sebelum terlanjur rusak, jagalah ginjal Anda agar awet sehat.

Rusaknya ginjal lebih sering diakibatkan karena ada penyakit kronik lain seperti diabetes, darah tinggi, infeksi ginjal, ginjal bawaan, dan batu ginjal.

Bagaimana menjaganya?

“Sama seperti ketika menjaga organ lainnya, hidup normal, tetap fit, jangan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam,” jelas dr. Tunggul D Situmorang, SP.PD-KGH, ahli ginjal dari RS MRCCC Siloam.

Selain itu, juga perlu dilihat apakah seseorang memiliki faktor risiko yang akan menimbulkan penyakit seperti diabetes dan hipertensi, yang paling sering memicu gangguan pada ginjal. Menurut dr Tunggul, tidak ada pantangan minuman atau makanan tertentu, hanya tergantung pada faktor risiko yang telah disebutkan.

“Kalau batu ginjal bisa juga terbentuk akibat daerah yang airnya mengandung banyak mineral atau kapur. Jadi harus perhatikan kondisi air yang dikonsumsi juga. Faktor lainnya bisa jadi rokok. tapi ini mekanismenya belum jelas,” lanjut dokter yang kini menjabat sebagai Direktur RS MRCCC Siloam.

Dalam artikel, dr. Dante Saksono, SpPD, PhD, dari RS Cipto Mangunkusumo pernah memberikan beberapa tips untuk menjaga ginjal agar tetap sehat, yakni:

1. Cukup konsumsi air putih
2. Hindari konsumsi obat sembarangan
3. Kurangi jamu-jamuan yang belum diuji klinis
4. Hindari konsumsi suplemen yang berlebihan seperti Vitamin C maksimum 4 gram sehari
5. Olahraga teratur
6. Menjaga berat badan karena obesitas bisa memicu ginjal
7. Lakukan kontrol secara teratur terutama bagi pasien yang memiliki penyakit seperti diabetes dan hipertensi, karena mereka akan berisiko lebih tinggi mengalami kerusakan ginjal.

Seseorang dapat melakukan medical check up untuk mengetahui apakah dirinya rawan dan mempunyai tanda-tanda atau kemungkinan bisa terkena penyakit ginjal.

Pemeriksaan laboratorium pada urine dapat mengetahui berat atau tidaknya penyakit ginjal yang dialami seseorang. Urine akan tampak normal jika penyebabnya kurang aliran darah ke ginjal. Tetapi jika urine mengandung darah itu artinya ada kelainan di dalam ginjal.

sumber :detikhealth

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: